
Pertanyaan yang sering diajukan
Pembukaan akun
Apa itu Manulife iFUNDS?
Manulife iFUNDS adalah situs transaksi online Reksa Dana Manulife yang dapat Anda akses dari mana pun dan kapan pun Anda inginkan.
Manulife iFUNDS dapat diakses melalui berbagai device, termasuk PC, tablet, telepon pintar selama Anda memiliki koneksi internet. Browser terbaik untuk menampilkan halaman-halaman Manulife iFUNDS adalah Microsoft Edge, Google Chrome, Firefox dan browser mobile versi terkini.
Melalui Manulife iFUNDS, Anda dapat membuka rekening investasi Reksa Dana Manulife Anda secara online. Segera setelah akun Manulife iFUNDS Anda aktif, Anda bisa mulai bertransaksi: pembelian, pengalihan ataupun pencairan unit Reksa Dana Manulife.
Di Manulife iFUNDS, Anda juga dapat memonitor transaksi, memantau perkembangan investasi Reksa Dana Manulife, hingga memperbarui data-data Anda.
Apa yang terjadi dengan klikMAMI?
klikMAMI bertransformasi menjadi Manulife iFUNDS, sebuah platform transaksi online Reksa Dana Manulife yang dapat Anda akses dari mana pun dan kapan pun Anda inginkan. Menggantikan versi terdahulunya klikMAMI.com, Manulife iFUNDS berada di level yang berbeda, tidak hanya menambah kenyamanan investor memonitor transaksi, perkembangan Reksa Dana Manulife-nya, dan kemudahan investor dalam memperbarui datanya tapi juga memberikan fitur-fitur baru seperti analisis kinerja investasi dan Analisis bagaimana jika.
Apakah klikMAMI masih bisa digunakan?
klikMAMI masih dapat digunakan oleh investor hingga 31 Desember 2022, setelah itu login klikMAMI akan dialihkan secara otomatis ke Manulife iFUNDS.
Siapakah yang dapat mengakses Manulife iFUNDS?
Calon investor Reksa Dana Manulife dapat menggunakan form aplikasi yang terdapat di Manulife iFUNDS untuk membuka rekening investasi Reksa Dana Manulife. Mereka yang belum menjadi investor juga dapat mengakses informasi dalam jumlah terbatas di Manulife iFUNDS.
Sedangkan mereka yang telah terdaftar sebagai investor Reksa Dana Manulife, dan telah membuka Akun online Manulife iFUNDS, dapat mengakses seluruh informasi dan transaksi di Manulife iFUNDS.
Berikut syarat utama membuka akun Manulife iFUNDS dan jadi investor Reksa Dana Manulife:
- Berusia minimal 17 tahun, bukan warga negara Amerika Serikat, membayar pajak di Amerika Serikat atau pemegang Green Card Amerika Serikat.
- Memiliki e-mail dan nomor ponsel yang aktif serta kartu identitas (e-KTP/Paspor) yang masih berlaku.
- Memiliki rekening bank atas nama Anda sendiri, sesuai KTP/Paspor.
Bagaimana cara mengakses atau membuka akun Manulife iFUNDS?
Caranya mudah, bagi Anda investor dan calon investor Reksa Dana Manulife silakan akses Manulife iFUNDS di sini
Bagaimana cara mendapatkan user id Manulife iFUNDS?
Bagi Anda investor Reksa Dana Manulife dan sudah memiliki akun, user id adalah alamat e-mail yang terdaftar di sistem kami. Dan untuk Anda calon investor, silakan membuka akun Manulife iFUNDS terlebih dahulu untuk mendapatkan user id.
Untuk bantuan, silakan hubungi customer service kami melalui email: hai@manulifeam.com, whatsApp: 08112552256, atau live chat situs ini.
Saya tidak berhasil melakukan registrasi Manulife iFUNDS?
Anda dapat menghubungi customer service kami melalui email: hai@manulifeam.com, WhatsApp: 08112552256, atau live chat di situs ini.
Bagaimana cara mengubah user ID dan nomor telepon saya?
Anda dapat menghubungi customer service kami melalui email: hai@manulifeam.com, WhatsApp: 08112552256, atau live chat di situs ini.
Apakah Manulife iFUNDS bisa diakses dengan menggunakan telepon pintar atau tablet saya?
Ya, Anda dapat mengakses Manulife iFUNDS melalui telepon pintar, tablet, atau laptop Anda.
Jenis browser apa yang harus saya gunakan untuk mengakses Manulife iFUNDS?
Kami menyarankan Anda untuk menggunakan Chrome, Firefox, atau Safari versi terbaru untuk login ke Manulife iFUNDS, serta memastikan bahwa Anda dilindungi oleh fitur keamanan terbaru.
Apakah karakter khusus dapat digunakan untuk membuat password di Manulife iFUNDS?
Manulife iFUNDS memungkinkan karakter khusus di bawah ini untuk digunakan saat membuat kata sandi [ ! @ # $% ^ & *() , . ? " : {} | < > _ ~ ` + = ; ' - ].
Adakah panduan tentang cara membuka rekening/transaksi melalui Manulife iFUNDS?
Untuk panduan lengkap silakan kunjungi halaman panduan lengkap.
Anda juga dapat menonton beberapa video panduan singkat Manulife iFUNDS berikut:
- Pembukaan akun baru
- Transaksi pembelian
- Transaksi pengalihan
- Transaksi pencairan
Dokumen apa yang harus saya siapkan saat membuka akun?
Hasil scan atau foto KTP atau paspor dengan hasil yang jelas dan tidak terpotong.
Apakah akun email dan ponsel diperlukan untuk membuka akun melalui Manulife iFUNDS?
Ya, Anda memerlukan akses akun e-mail dan ponsel. Sistem akan mengirimkan OTP (One-Time Passcode) ke e-mail dan nomor ponsel terdaftar untuk proses verifikasi.
Apakah alamat email yang sama dapat digunakan untuk login ke Manulife iFUNDS dan mengakses akun investasi berbeda?
Manulife iFUNDS mewajibkan setiap investor individu untuk menggunakan alamat email pribadi untuk didaftarkan sebagai User ID saat login. Dua investor individu tidak boleh menggunakan alamat email yang sama untuk digunakan sebagai User ID login Manulife iFUNDS.
Saya tidak memiliki alamat email, bisakah saya login ke Manulife iFUNDS?
Tidak bisa. Manulife iFUNDS hanya menerima alamat e-mail sebagai User ID login.
Saya mendaftarkan nomor ponsel orang lain, apakah saya masih bisa melakukan transaksi menggunakan Manulife iFUNDS?
Transaksi melalui Manulife iFUNDS tetap dapat dilakukan. Namun begitu, harap diperhatikan bahwa Manulife iFUNDS akan mengirimkan OTP ke nomor ponsel yang Anda daftarkan untuk keperluan verifikasi sebelum Anda dapat melanjutkan transaksi.
Transaksi/layanan apa saja yang tersedia di Manulife iFUNDS?
Berikut adalah jenis transaksi/layanan yang tersedia di Manulife iFUNDS untuk Anda investor Reksa Dana Manulife:
- Pembukaan akun baru secara online
- Dashboard Portofolio, ringkasan seluruh portofolio investasi Anda di Reksa Dana Manulife
- Melakukan transaksi pembelian, pencairan, atau pengalihan unit secara online
- Mencari dan membandingkan kinerja produk Reksa Dana Manulife
- Analisis investasi dan kalkulator tujuan investasi
- Aturinvest, untuk ingatkan jadwal investasi bulanan Anda.
Apakah saya bisa menggunakan online banking untuk menyelesaikan transaksi pembelian?
Ya, tentu bisa. Manulife iFUNDS menerima pembayaran transaksi melalui transfer online. Anda tak perlu mengirim bukti transfer kecuali untuk produk Reksa Dana Manulife dalam mata uang dolar AS.
Bolehkah saya melakukan pembayaran untuk pembelian pertama melalui setoran tunai di bank meskipun saya membuka rekening secara online melalui Manulife iFUNDS?
Ya Anda boleh. Gambar bukti pembayaran atau bukti setoran tunai bisa Anda email ke: hai@manulifeam.com. Untuk mempermudah proses transaksi kami sangat menyarankan Anda untuk melakukan transaksi pembelian melalui Manulife iFUNDS dan pembayaran dalam hari kalender yang sama. Pastikan nama pengirim sama dengan nama pemilik akun reksa dana. Untuk transaksi pembelian dan pembayaran yang dilakukan di hari bursa sebelum jam transaksi berakhir akan diproses di hari yang sama, jika transaksi dilakukan setelah jam transaksi berakhir atau hari libur bursa maka akan diproses di hari bursa berikutnya.
Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuka akun Manulife iFUNDS?
Seluruh proses pembukaan rekening membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit.
Setelah kami menerima aplikasi pembukaan akun Manulife iFUNDS Anda, kami akan melakukan verifikasi data. Setelah berhasil, akun akan segera aktif, Anda pun dapat segera melakukan pembelian awal.
Saya belum menerima OTP melalui e-mail, apa yang harus saya lakukan?
OTP e-mail biasanya membutuhkan waktu 1-2 menit untuk terkirim. Jika Anda merasa tidak terima OTP, harap periksa hal berikut:
- Refresh email secara berkala
- Cek folder Junk
- Meminta pengiriman ulang OTP dengan klik "Kirim ulang OTP"
- Cek alamat email yang Anda daftarkan di Manulife iFUNDS, jika terdapat kesalahan perbarui email Anda terlebih dahulu sebelum melanjutkan transaksi.
Di mana pilihan untuk meminta laporan secara elektronik atau e-Statement?
Secara otomatis bagi investor di Manulife iFUNDS akan menerima laporan elektronik atau e-Statement. Jika Anda ingin menerima laporan secara fisik, silakan hubungi customer service kami melalui email: hai@manulifeam.com, WhatsApp: 08112552256, atau live chat di situs ini setelah rekening dibuka.
Untuk apa MAMI menggunakan informasi saya dan bagaimana perlindungannya?
Informasi Anda akan kami gunakan untuk membuka rekening Manulife iFUNDS, selain itu kami juga menggunakannya untuk menilai kesesuaian profil risiko Anda dalam berinvestasi reksa dana. Informasi Anda dilindungi sesuai dengan kebijakan privasi perusahaan kami.
Jika saya membutuhkan bantuan selama proses pembukaan rekening, siapa yang harus saya hubungi?
Untuk bantuan, silakan hubungi customer service kami melalui email: hai@manulifeam.com, WhatsApp: 08112552256, atau live chat di situs ini.
Dengan diluncurkannya Manulife iFUNDS, apakah saya masih bisa login ke klikMAMI?
Anda masih bisa login di klikMAMI sampai dengan 22 September 2022, setelah itu login klikMAMI akan dialihkan secara otomatis ke halaman Manulife iFUNDS. Untuk bantuan, silakan hubungi customer service kami melalui email: hai@manulifeam.com, WhatsApp: 08112552256, atau live chat di situs ini.
Transaksi
Dengan diluncurkannya Manulife iFUNDS, apakah saya masih bisa login ke klikMAMI?
Anda masih bisa login di klikMAMI sampai dengan 22 September 2022, setelah itu login klikMAMI akan dialihkan secara otomatis ke halaman Manulife iFUNDS. Untuk bantuan, silakan hubungi customer service kami melalui email: hai@manulifeam.com, WhatsApp: 08112552256, atau live chat di situs ini.
Bagaimana cara melakukan pengalihan?
- Login ke akun Anda
- Masuk ke menu "Investor"
- Pilih "Transaksi reksa dana"
- Pilih "Pengalihan reksa dana"
- Pilih produk Reksa Dana Manulife yang akan dialihkan
- Pilih produk Reksa Dana Manulife tujuan pengalihan
- Silakan membaca dan memahami prospektus produk Reksa Dana Manulife tujuan pengalihan Anda
- Konfirmasi transaksi Anda
Bagaimana cara melakukan pencairan?
- Login ke akun Anda
- Masuk ke menu "Investor"
- Pilih "Transaksi reksa dana"
- Pilih "Pencarian reksa dana"
- Pilih produk Reksa Dana Manulife yang akan dicairkan
- Isi jumlah unit penyertaan yang akan dicairkan"
- Konfirmasi transaksi Anda
Mengapa NAB/Unit yang dikenakan berbeda dengan NAB/Unit yang ditunjukkan pada saat saya melakukan transaksi?
NAB/Unit Penyertaan yang ditunjukan pada saat transaksi merupakan NAB/Unit Penyertaan terakhir pada hari bursa sebelumnya. Sedangkan NAB/Unit Penyertaan yang dikenakan pada transaksi Anda adalah NAB/Unit Penyertaan pada hari bursa saat transaksi Reksa Dana Manulife Anda diproses.
Transaksi Reksa Dana Manulife yang diproses sebelum pukul 13.00 WIB pada hari bursa, akan menggunakan NAB/Unit Penyertaan pada hari bursa yang sama saat transaksi tersebut diproses. Transaksi yang dilakukan setelahnya atau pada hari libur bursa akan diproses menggunakan nilai NAB/Unit Penyertaan penutupan hari bursa berikutnya.
Saya melakukan pengkinian data, kapan data saya akan efektif berubah?
Data Anda efektif berubah setelah berhasil diverifikasi oleh Customer Service kami.
Apakah transaksi reksa dana di Manulife iFUNDS diproses di hari yang sama?
- Transaksi yang dilakukan di hari bursa sebelum pukul 13:00 WIB, akan diproses pada hari bursa yang sama menggunakan NAB/Unit penyertaan penutupan hari bursa yang sama.
- Transaksi yang dilakukan sesudah pukul 13:00 WIB dan hari libur bursa, akan diproses pada hari bursa berikutnya menggunakan NAB/Unit Penyertaan penutupan di hari bursa tersebut.
Bagaimana cara melakukan pengkinian data investor?
- Login ke akun Anda
- Masuk ke menu "Investor"
- Pilih "Adminitrasi"
- Pilih "Data Nasabah"
- Pilih "Ubah data"
- Silakan ubah data yang ingin Anda perbarui
- Konfirmasi perubahan data Anda
- Perubahan data Anda akan dikirimkan ke bank kustodian untuk diproses
Berapa nominal minimum pembelian pembelian Reksa Dana Manulife?
Nominal minimum pembelian tertera pada halaman pembelian, dan sesuai dengan prospektus Reksa Dana Manulife.
Aturinvest
Apa itu Aturinvest?
Aturinvest adalah fitur notifikasi yang memudahkan Anda untuk disiplin berinvestasi dengan jumlah yang sama setiap bulan. Dengan Aturinvest, setiap bulan Anda akan menerima notifikasi, dan tinggal melakukan transfer ke rekening BCA yang ditunjuk. Untuk memudahkan verifikasi transaksi Anda pastikan nominal yang ditransfer sesuai dengan nominal yang tercantum dalam notifikasi.
Bagaimana cara mengaktifkan fitur Aturinvest?
- Login ke akun Anda
- Masuk ke menu "Transaksi"
- Pilih aktifkan fitur "Aturinvest"
- Ikuti langkah selanjutnya hingga selesai
Ada berapa pilihan tanggal Aturinvest?
Anda memiliki tiga pilihan tanggal Aturinvest yaitu 1, 10, 26.
Apa keuntungan menggunakan fitur Aturinvest?
Anda bisa berinvestasi dengan lebih mudah, tanpa harus login ke akun Manulife iFUNDS dan mengirimkan bukti transfer. Anda hanya perlu melakukan pembayaran ke rekening BCA Reksa Dana Manulife yang sama, dengan jumlah yang sama pada tanggal yang sama setiap bulannya sesuai dengan notifikasi yang Anda terima.
Apakah fitur Aturinvest aman?
Fitur Aturinvest sangat aman, karena fungsinya hanya sebagai notifikasi, fitur ini tidak menjalankan transaksi apa pun di akun Manulife iFUNDS Anda, tidak dapat mengakses akun rekening bank Anda, tidak mendebet otomatis rekening bank Anda atau mengakses data lainnya yang bersifat rahasia.
Apakah fitur Aturinvest memiliki fungsi autodebet?
Tidak. Fitur Aturinvest bukan fitur autodebet, fitur ini hanya berfungsi sebagai notifikasi yang akan mengirimkan notifikasi rutin setiap bulan melalui e-mail/sms, sesuai dengan tanggal yang sudah Anda tentukan. Anda harus melakukan pembayaran sesuai nominal hingga digit terakhir untuk verifikasi otomatis. Seluruh nominal yang dibayarkan akan diinvestasikan ke dalam unit penyertaan.
Jika jumlah nominal pembayaran tidak sesuai dengan jumlah nominal yang tercantum di notifikasi e-mail/sms yang saya terima, apakah transaksi akan tetap diproses?
Pembayaran yang tidak sesuai nominal hingga digit terakhir, akan menyebabkan tertundanya transaksi hingga investor mengirimkan bukti transaksi. Transaksi akan diproses secara manual sesuai ketentuan transaksi yang berlaku di MAMI setelah Anda mengirimkan bukti pembayaran melalui email ke hai@manulifeam.com. Fitur Aturinvest akan tetap aktif dan akan mengirimkan notifikasi di bulan berikutnya, pastikan Anda melakukan pembayaran sesuai nominal hingga digit terakhir untuk verifikasi otomatis.
Jika jumlah nominal pembayaran tidak sesuai dengan jumlah nominal yang tercantum di notifikasi e-mail/sms yang saya terima, dan saya tidak mengirimkan bukti pembayaran, apakah transaksi dapat diproses?
Jika pembayaran tidak sesuai hingga digit terakhir, maka sistem tidak dapat memverifikasi pembayaran secara otomatis, sehingga harus dilakukan pengembalian dana secara manual. Proses ini akan memakan waktu 1 hingga 3 hari kerja.
Jika saya tidak melakukan pembayaran setelah menerima notifikasi, apakah saya akan didenda?
Tidak, Anda tidak akan dikenakan denda jika tidak melakukan pembayaran setelah menerima notifikasi.
Jika saya tidak melakukan pembayaran setelah menerima notifikasi, apakah fitur Aturinvest akan otomatis terhenti?
Tidak, fitur ini akan tetap berjalan dan akan mengirimkan notifikasi di bulan berikutnya.
Apa yang harus saya lakukan, jika saya terlambat melakukan pembaaran Aturinvest, tapi masih ingin berinvestasi di bulan tersebut?
Anda tetap bisa berinvestasi di bulan tersebut dengan melakukan pembelian biasa melalui Manulife iFUNDS.
Bagaimana cara pembayaran menggunakan fitur Aturinvest?
Pembayaran dilakukan dengan cara transfer ke rekening BCA Reksa Dana Manulife sebelum batas waktu transfer seperti notifikasi yang Anda terima melalui e-mail/sms. Jumlah pembayaran sesuai nominal hingga digit terakhir untuk verifikasi otomatis. Seluruh nominal yang dibayarkan akan diinvestasikan ke dalam unit penyertaan. Untuk kemudahan, Anda bisa mengatur transfer berkala di internet banking atau mobile banking Anda. Dengan begini, setiap bulan Anda otomatis berinvestasi tanpa perlu melakukan apa pun.
Bagaimana jika saya terlambat melakukan pembayaran Aturinvest?
Pembayaran transaksi Aturinvest di luar batas waktu transfer tidak dapat diverifikasi secara otomatis meski nominal pembayaran sesuai hingga digit terakhir. Transaksi akan diproses secara manual setelah Anda mengirimkan bukti pembayaran, mengikuti ketentuan transaksi yang berlaku di MAMI.
Berapa batas maksimal nominal pembelian menggunakan Aturinvest?
Tidak ada batas nominal pembelian dengan Aturinvest di Manulife iFUNDS, akan tetapi batas maksimal transfer yang berlaku di masing-masing bank yang digunakan untuk melakukan transfer tetap berlaku.
Apakah pembayaran Aturinvest bisa dilakukan dalam beberapa kali transaksi transfer dengan akumulasi jumlah transfer sesuai dengan nominal pembayaran yang tercantum pada notifikasi e-mail/sms?
Tidak bisa. Transaksi pembayaran Aturinvest harus dilakukan dalam satu kali transaksi transfer sesuai nominal hingga digit terakhir untuk verifikasi otomatis. Seluruh nominal yang dibayarkan akan diinvestasikan ke dalam unit penyertaan.
Apakah ada biaya untuk mengaktifkan fitur Aturinvest?
Tidak ada. Fitur Aturinvest sepenuhnya merupakan fitur gratis.
Apakah ada biaya untuk melakukan pembayaran Aturinvest?
Tidak Ada jika pembayaran dilakukan dari rekening BCA. Untuk pembayaran menggunakan rekening bank lain akan dikenakan biaya transfer ke rekening BCA sesuai ketentuan masing-masing bank.
Apakah ada rekening lain selain BCA untuk melakukan pembayaran Aturinvest?
Tidak ada, saat ini pembayaran Aturinvest hanya bisa dibayarkan ke rekening reksa dana di BCA sesuai dengan produk yang Anda pilih. Namun Anda dapat melakukan pembayaran dari rekening manapun dengan tambahan biaya transfer yang diatur oleh masing-masing bank pengirim.
Apakah saya bisa mengaktifkan fitur Aturinvest untuk semua produk Reksa Dana Manulife?
Ya, investor bisa mengaktifkan fitur Aturinvest untuk semua produk Reksa Dana Manulife yang bisa dibeli melalui Manulife iFUNDS.
Bagaimana jika saya ingin menghentikan fitur Aturinvest?
Untuk menghentikan fitur Aturinvest, Anda harus login ke akun Manulife iFUNDS Anda dan mengakses fitur Aturinvest pada menu Transaksi di Manulife iFUNDS. Pastikan Anda juga menonaktifkan fitur transfer pada internet banking atau mobile banking jika sebelumnya Anda mengaktifkan fitur tersebut.